Berlawanan dengan tema pernikahan megah yang dulu banyak digunakan, kini justru banyak orang memilih tema rustic. Dekorasi rustic dianggap justru lebih berkesan jika digunakan sebagai dekorasi pernikahan. Namun, sebenarnya apakah itu dekorasi pernikahan rustic?

Dekorasi Rustic

Dalam bahasa Inggris, “rustic” berarti hal-hal yang berhubungan dengan pedesaan. Dalam kaitannya dengan dekorasi pernikahan, tema rustic diterapkan dalam bentuk outdoor. Elemen-elemen alami yang ada di luar ruangan adalah elemen utama dalam dekorasi rustic.

Umumnya, tema rustic berhubungan dengan alam namun spesifik pada musim panas. Meskipun begitu, hal itu bukan merupakan definisi paten dari dekorasi rustic. Yang menjadi inti dari tema rustic adalah dekorasi-dekorasi dan ruang alam yang memperlihatkan pedesaan atau gaya pedesaan.

Pada awal mula munculnya tren dekorasi pernikahan rustic ini sebenarnya tidak hanya sekedar untuk mengambil tema dan keindahan saja. Tema pernikahan dekorasi rustic diambil karena gagasan untuk lebih mencintai alam, mengurangi limbah, menggunakan barang-barang yang lebih ramah lingkungan, dan menciptakan komunitas yang lebih baik.

Oleh karena itu, tema rustic dalam pernikahan tidak hanya pada hal-hal yang terlihat, melainkan juga termasuk ke dalam benda-benda yang digunakan, seperti gelas atau peralatan makan. Menggunakan tema rustic atau dekorasi rustic juga bukan hanya sekedar pada ruangan dan aksesoris-aksesoris. Umumnya seseorang yang mengambil tema rustic juga akan menggunakan gaun, pandangan-pandangan sosial, hingga kuliner sajian yang memang sangat pedesaan.

Meskipun demikian, penggunaan dekorasi rustic dalam pernikahan tetap bergantung pada selera pemilik acara. Kini lebih banyak tema rustic yang digunakan hanya pada ruangan dan aksesoris, sementara tamu dan pemilik acara tetap bergaya modern. Makanan-makanan yang disajikan pun adalah makanan dengan gaya dan cita rasa modern.

Membangun Dekorasi Rustic

Kita bisa membuat tema rustic dengan menonjolkan beberapa aspek. Tema pernikahan dengan dekorasi rustic umumnya tetap melibatkan benda-benda yang sangat berhubungan dengan ladang, seperti jerami atau gerobak. Nah berikut ini adalah beberapa ide dekorasi pernikahan rustic yang bisa dicoba.

  1. Gunakan halaman sebagai tempat upacara pernikahan
Baca Juga  Menu Prasmanan yang Sering Ada dalam Pesta Pernikahan

Tema pernikahan dengan dekorasi rustic hampir tidak mungkin bisa dilakukan jika di dalam ruangan. Tema rustic akan berlawanan dengan tema lainnya yang umumnya menggunakan gedung mewah dengan lampu gemerlap. Untuk mendapatkan aura rustic, kita bisa menggunakan halaman berumput atau jika beruntung maka bisa menggunakan gudang yang luas.

  1. Berikan alas, selimut, tenda sederhana dari kain, dan bantal di sekeliling area

Karena upacara pernikahan dilangsungkan di luar ruangan, maka kita harus menyediakan tempat-tempat untuk bersantai bagi para tamu. Tempat terbuka umumnya akan membuat tamu lebih mudah kelelahan dan ingin duduk beristirahat.

  1. Gunakan unsur kayu di beberapa dekorasi

Meja dan kursi berbahan kayu akan membuat tema rustic menjadi semakin kuat. Terlebih lagi, kayu yang ditonjolkan adalah bagian kulit pohon. Kita jugs bisa menggunakan bahan-bahan berunsur kayu, seperti pada nomor meja apabila menggunakan meja untuk setiap tamu, panggung kecil, dan hiasan-hiasan yang ditancapkan pada tanah.

Hindari penggunaan benda-benda yang berunsur teknologi. Misalnya, kita bisa mengganti souvenir pernikahan yang umumnya jam tangan atau peralatan elektronik dengan vas bunga berbahan kayu atau keramik. Selain akan memberi kesan rustic hingga tamu pulang, penggantian souvenir ini juga akan menghemat banyak sekali biaya.

Bersama kayu, jangan lupakan juga pemanfaatan bunga khas desa dekorasi rustic. Umumnya, bunga-bunga yang digunakan dalam tema rustic adalah bunga yang berwarna putih dan kuning. Bunga bunga dengan warna ini akan sesuai dengan semua warna jenis kayu. Namun hal itu tentu sesuai selera pemilik acara.

Unsur bunga juga dapat digunakan sebagai penanda tamu. Misalnya, kita bisa memberikan mahkota bunga pada setiap tamu perempuan yang datang. Sementara itu, kita bisa memberikan bunga matahari kecil di saku setiap tamu laki-laki yang datang.

Selain bunga, kita juga dapat memanfaatkan beberapa tanaman yang khas. Misalnya, kita bisa menggunakan berbagai sekulen untuk dekorasi. Sekulen juga dapat digunakan sebagai souvenir untuk memberi kesan yang tidak terlupakan pada acara pernikahan.

  1. Undang band akustik
Baca Juga  Menu Prasmanan Sederhana

Dekorasi pernikahan rustic tidak akan lengkap apabila kita memutuskan untuk memberikan dengaran berupa musik EDM. Musik yang cocok untuk tema rustic adalah musik akustik, terutama yang beraliran folk. Untungnya, kini sudah banyak bermunculan band-band yang memiliki lagu enak dengar dengan aliran folk.

  1. Gunakan lampu lampu berwarna kuning atau lilin

Lampu warna kuning atau lilin akan menambah kesan rustic semakin kuat. Kita bisa menggantung banyak lampu bohlam berwarna kuning di bagian atas area pernikahan. Lampu-lampu semacam ini akan membuat kesan hangat dan nyaman walaupun di luar ruangan. Dalam membangun dekorasi pernikahan rustic, kita memang harus menghindari warna-warna yang jauh dari kesan perkotaan.

  1. Pilih minuman infus water

Infus water adalah salah satu ide kuliner yang akan membuat kesan, namun juga tidak terlalu mengambil banyak biaya. Infus water yang di taruh di dalam dispenser atau wadah kaca akan membuat tema rustic terlihat di area makanan. Buah-buah yang biasa digunakan sebagai infus water dalam dekorasi rustic adalah seperti semangka, lemon, kiwi, kelapa muda, dan lainnya.

  1. Gunakan dokumentasi polaroid

Meskipun sebenarnya hal yang berkaitan polaroid adalah hal-hal yang sangat urban, tetapi polaroid juga dapat menambah tema rustic menjadi sangat kuat. Kita dapat membuat papan besar yang berisi pin-pin. Selanjutnya, foto polaroid yang telah diambil bisa di letakkan dan dilihat bersama-sama.

  1. Terapkan dress code berwarna putih

Hal ini sebenarnya tidak harus dilakukan. Namun, dress code tamu berwarna putih akan sangat membantu dalam mengatur dekorasi rustic. Warna-warna yang kita terapkan pada area pernikahan akan menjadi lebih hidup dan tidak kalah dari warna gaun atau baju yang digunakan oleh tamu.

Sementara itu, supaya menjadi pusat perhatian, pengantin menggunakan gaun berwarna rose gold. Gaun yang biasa digunakan dalam tema rustic adalah gaun dengan gaya bohemian.

  1. Sediakan kue atau roti kering

Selain soup, kue atau roti kering juga menjadi salah satu kuliner sekaligus dekorasi pernikahan rustic. Kue atau roti kering ini bisa dinikmati kapan saja, baik sebelum atau setelah acara makan besar dimulai. Hari ini, kebanyakan orang akan menggunakan menu zuppa soup sebagai salah satu kuliner dan dekorasi rustic. Apalagi, harganya tidak terlalu mahal.

  1. Gunakan hewan jinak sebagai dekorasi
Baca Juga  Menu Catering yang Disukai Para Tamu Pesta Pernikahan

Tema rustic atau pedesaan memang erat kaitanya dengan keseimbangan alam. Kelestarian alam dan keseimbangan alam tersebut dibuktikan dengan harmoni hidup bersama hewan-hewan. Dari konsep tersebut kita bisa memanfaatkan beberapa hewan yang jinak dan tidak membuat kotor area pernikahan.

Beberapa hewan yang bisa dimasukkan ke dalam area pernikahan dan bahkan bisa untuk objek foto adalah seperti merpati putih, kuda, kucing, atau bahkan domba. Tentu saja kita harus memisahkan area yang diisi dengan hewan-hewan tersebut dengan area tempat duduk tamu atau area makan tamu.

  1. Gunakan lonceng-lonceng kecil dan tali serabut

Kita bisa menaruh beberapa lonceng kecil di beberapa sudut area pernikahan. Tujuannya adalah untuk menimbulkan bunyi ketika ada semilir angin. Bunyi lonceng akan menambah kesan pedesaan. Sementara itu, tali serabut bisa kita gunakan sebagai pengikat undangan sebelum acara pernikahan dimulai atau pengikat souvenir.

  1. Persiapkan perubahan cuaca

Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan dekorasi pernikahan rustic berarti harus menebak cuaca. Dalam sehari, di Indonesia kita bisa mengalami dua cuaca sekaligus. Oleh karena itu, persiapkan benda-benda yang akan melindungi tamu. Misalnya, kita bisa menyiapkan selimut apabila ternyata udara menjadi lebih dingin. Selain itu, kita juga bisa menyiapkan beberapa kayu bakar untuk membuat api nggun.

Untuk menangani hari yang terlalu terik, kita bisa menyiapkan kain tipis untuk dijadikan atap. Menjadikan kain sebagai pelindung di atas area pernikahan juga akan membuat suasana semakin hangat dan teduh.

Itulah tadi uraian mengenai apa itu tema rustic sebagai tema pernikahan. Untuk membangun dekorasi rustic atau dekorasi pernikahan rustic, kita memang harus menggunakan konsep yang baik. Apabila salah menggunakan konsep, nantinya justru menimbulkan ketidaknyamanan tamu.