Sajian yang tidak pernah terlewatkan dalam acara-acara syukuran adalah nasi tumpeng. Makanan yang satu ini selalu hadir ini dengan ritual sendiri dalam berbagai acara, yaitu potong tumpeng. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur karena telah mendapatkan kebaikan yang membuat kita mencapai titik tertentu dalam hidup sehingga patut disyukuri. Tentunya, ini semua adalah berkat bantuan dari tuhan Yang Maha Esa

Pada umumnya nasi tumpeng terbuat dari nasi kuning dengan bentuk kerucut. Nasi kuning sendiri memiliki makna kesucian dan kemuliaan, sedangkan bentuk kerucut adalah simbol dari pengharapan atau rasa syukur kita kepada YME. Dalam masyarakat islam Jawa, tumpeng merupakan akronim dari ‘yen meTu kudu memPeng’ yang berarti saat kita keluar harus sungguh sungguh semangat. Maksudnya adalah, kita harus melakukan segalanya dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan keinginan yang ingin dicapai dan secara bersamaan terus berdoa.

Lauk Tumpeng yang Penuh Arti

Tidak sampai disitu, lauk-lauk yang ada dalam nasi tumpeng juga tidak sembarang. Mereka memiliki arti filosofis yang memperkuat makna nasi tumpeng itu sendiri.

 

  • Nasi

 

Nasi yang digunakan biasanya adalah nasi putih atau nasi uduk dan nasi kuning. Nasi putih artinya adalah suci, dan sering digunakan untuk acara keagamaan. Sedangkan nasi kuning memiliki arti kemuliaan dan kesejahteraan. 

 

  • Ayam

 

Ayam yang digunakan sebagai lauk adalah ayam jantan yang dimasak dengan bumbu kuning. Menyembelih ayam jantan merupakan simbol pengharapan agar kita terhindar dari sifat buruk ayam jago, sombong dan congkak

 

  • Ikan Lele

 

Ikan lele sanggup hidup di dasar sungai dan tanpa air mengalir. Oleh karena itu ikan ini menjadi simbol ketabahan dan keuletan. 

Baca Juga  Memilih Jasa Catering Jakarta untuk Aqiqah

 

  • Telur Rebus Pindang

 

Telur rebus pindang yang dihidangkan secara utuh dengan kulitnya merupakan simbol dari ketelitian dan perencanaan. Saat kita mengupas cangkang, dibutuhkan perencanaan dari awal dan ketelitian agar kita dapat memakannya. Begitu juga dalam hidup.

 

  • Urap

 

Urap yang terbuat dari kangkung dan kacang panjang adalah simbol agar kita diberi umur panjang. Sedangkah tauge merupakan harapan agar kita terus tumbuh dengan baik.

 

  • Cabai Merah

 

Untuk yang satu ini bukan lauk, tapi memiliki makna bahwa kita harus hidup sebagai penerang. Maksudnya adalah membawa kebaikan kepada sekeliling kita.

Resep Tumpeng Nasi kuning

Bila kamu ingin membuatnya di rumah, ada resep mudah yang bisa diikuti. Hasilnya wangi dan juga gurih. Pastinya disukai anak-anak dan keluarga di rumah ya.

Bahan

 

  • Beras 1 kg
  • Satu ruas kunyit

 

    • Setengah ruas lengkuas
    • Satu ruas jahe 
    • Bawang merah 5 siung
    • Batang serai 2 buah
    • Daun salam 4 lembar
    • Garam secukupnya

 

  • Daun pandan 2 lembar 
  • Santan 900 ml

 

Cara membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam dengan air.
  2. Haluskan jahe, lengkuas, bawang merah, dan berikan garam. 
  3. Tuang santan ke untuk dipanaskan. Masukkan bumbu halus ke dalam santan dan aduk sampai merata.
  4. Masak campuran bumbu dan santan hingga mendidih
  5. Buang air rendaman beras. 
  6. Tuang santan ke dalam beras dengan cara disaring. Setelah itu tambahkan daun salam dan batang serai.
  7. Rebus dengan api kecil.
  8. Secara perlahan aduk beras sampai air menyusut dan setengah matang.
  9. Bila sudah, matikan api dan ambil daun salam dan batang serai.
  10. Pindahkan nasi ke dalam panci untuk mengukus dan tambahkan daun pandan
  11. Kukus nasi sampai matang.
  12. Biarkan nasi dingin terlebih dahulu sebelum dicetak. Lalu, gunakan cetakan tumpeng agar lebih mudah
  13. Sajikan diatas wadah yang sudah disiapkan dan tambahkan lauk seperti ayam, ikan lele, telur, dan menu tambahan lainnya.
Baca Juga  Memilih Paket Catering Pernikahan

Nah setelah mengetahui makna dari nasi kuning, pastinya acara potong tumpeng semakin berkesan dan bermakna. Lebih dari itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan lauk-lauk diatas ataupun pelengkap lainnya yang kamu sukai. Caranya juga mudah dan tidak ribet, serta muda mendapatkan bahan-bahannya di pasar.