Menurut tradisi Jawa, tumpeng sendiri merupakan akronim yen metu kudu sing mempeng yang berarti bila keluar harus dengan sungguh-sungguh. Maksudnya adalah setiap individu harus berusaha dengan bersungguh-sungguh agar mendapatkan yang mereka inginkan dan meminta kepada Yang Maha Kuasa agar dikabulkan.  Sampai saat ini tradisi tumpengan masih terus dijalankan meskipun secara sederhana dengan nasi tumpeng murah.

Nasi tumpeng adalah nasi yang disajikan bebentuk kerucut dengan lauk pauk disekelilingnya, karena itulah namanya disebut tumpeng. Seringkali, nasi yang digunakan adalah nasi kuning namun ada juga yang menyajikan dengan nasi putih dan nasi uduk. Untuk lauknya sendiri sangat bervariasi, dari ayam, perkedel, orek tempe, bihun, telur, sayur dan lauk lain yang bisa disesuaikan. Bagi masyarakat Jawa, tumpeng menjadi makanan yang wajib dihadirkan pada banyak kesempatan, khususnya acara-acara dan peristiwa penting. Berikut adalah beberapa acara yang biasanya menyajikan menu nasi tumpeng.

Nasi Tumpeng Robyong

Nasi tumpeng yang ini sifatnya disajikan untuk acara-acara suka cita, berbahagia atau syukuran. Kembali lagi, bagi masyarakat Jawa, nasi tumpeng sendiri adalah bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan keberkahan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kebaikan-kebaikan tersebut akhirnya membawa kita kepada suatu titik yang membuat kita menjadi bahagia atau lebih baik dalam banyak hal.

Nasi Tumpeng Nujuh Bulan

Dalam tradisi Islam Jawa, nasi tumpeng disajikan sebagai ritual saat wanita hamil pertama kali dan kehamilan mencapai usia tujuh bulan. Dalam prosesi ini, tumpeng yang digunakan terbuat dari nasi putih. Tidak hanya satu, nasi tumpeng besar akan dikelilingi enam buah tumpeng kecil lainnya. 

Nantinya, dalam acara ini sang calon ibu akan ada proses siraman atau pemandian untuk si calon ibu. Setelah itu akan didandani untuk proses angreman. Selanjutnya akan ada pengajian bersama dan mendoakan agar calon ibu selamat dan sang bayi dalam kandungan tetap sehat sampai akhirnya ia lahir ke bumi.

Baca Juga  Rekomendasi Lauk Tumpeng Nasi Kuning untuk Tasyakuran

Nasi Tumpeng Megana

Nasi tumpeng ini disajikan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang bayi. Nasi yang digunakan adalah nasi putih sebagai lambang kesucian, seperti bayi yang suci dari dosa saat ia pertama kali lahir. Disekelilingnya juga akan disediakan berbagai sayuran yang memiliki arti khusus. Sayuran-sayuran yang disajikan tidak dipotong seperti kacang panjang dan kangkung dengan harapan sang anak kelak juga akan memiliki umur yang panjang. Selain itu ada juga tauge sebagai lambang pengharapan bahwa anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Nasi Tumpeng Ulang Tahun

Untuk sebagian orang, merayakan ulang tahun terasa lebih afdol dengan nasi tumpeng ketimbang kue ulang tahun seperti black forrest maupun cheesecake. Potong tumpeng terasa lebih khidmat dengan makna yang terkadung di dalamnya sebagai bentuk rasa syukur kita karena diberi umur yang panjang. Untuk yang satu ini biasanya yang disajikan adalah nasi kuning dengan berbagai lauk disampingnya. Setelah dipotong, nasi tumpeng akan dibagikan untuk dinikmati bersama-sama dengan kerabat atau keluarga yang hadir.

Rekomendasi Nasi Tumpeng Murah

Bila kamu ingin mengadakan acara tersebut kamu bisa memesan nasi tumpeng murah disini. Kami menyediakan berbagai ukuran nasi tumpeng yang bisa kamu pesan. Lauk atau sayur yang ada juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan acara kamu nantinya. Tidak hanya menu nasi tumpeng, kamu juga bisa memesan nasi box bila ingin melengkapi acara kamu yang mengundang banyak orang.